Reksadana Pasar Uang

Xcape.id – Reksadana pasar uang. Apa yang akan kita bahas kali ini merupakan salah satu jenis investasi, yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi banyak diminati oleh sebagian orang.

Tidak heran, karena keuntungan yang ditawarkan oleh reksadana memang cukup menggiurkan. Bahkan beberapa platform menawarkan keuntungan flat sekitar 5% per tahun.

Tentu saja Reksadana pasar uang dengan keuntungannya tersebut membuatnya menjadi dipilih oleh banyak orang. Alhasil, kini investasi reksadana pun menjadi kian populer di kalangan masyarakat.

Lalu apa sih sebenarnya reksa dana pasar uang itu? Bagaimana cara kerja dan keuntungannya? Semua hal yang Anda tanyakan tersebut akan kami bahas secara lengkap dan detail.

Baca: Pinjam Uang 30 Juta Tanpa Jaminan

Pengertian Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah reksa dana yang berinvestasi pada sarana investasi pasar uang yang saat ini banyak diminati di kalangan anak muda. Investasi reksadana dilakukan dengan jangka waktu kurang dari satu tahun.

Instrumen reksadana dapat berupa deposito berjangka (term deposit), sertifikat deposito (certificates of deposit), sertifikat bank Indonesia (SBI). Atau surat berharga pasar uang (SBPU) dan sarana investasi pasar uang lainnya.

Tujuan melakukan investasi reksadana pada instrumen-instrumen tersebut yaitu untuk menjaga likuiditas dan menjaga modal. Risiko dari investasi ini relatif rendah dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

Keuntungan Investasi Reksadana

Investasi reksadana pasar uang menghadirkan berbagai peluang keuntungan. Investor reksa dana dapat mendiversifikasi investasi mereka tanpa banyak modal, alias bisa mulai dengan modal yang sedikit.

Misalnya, investor dengan modal terbatas mungkin memiliki portofolio obligasi, yang tidak mungkin dilakukan jika investor tidak memiliki modal yang besar. Anda bisa membeli produk reksadana hanya dengan Rp100.000.

Bahkan, beberapa produk reksadana memiliki minimal pembelian Rp 50.000. Melalui reksa dana, sejumlah besar uang akan dikumpulkan, memungkinkan manajer investasi untuk mendiversifikasi produk investasi mereka.

Dengan kata lain, berinvestasilah pada berbagai produk investasi seperti saham, obligasi, deposito, dll. Tentunya investasi yang dilakukan sesuai dengan kebijakan berbagai reksa dana yang dikelola.

Melalui reksadana pasar uang pula, bahkan investor biasa pun bisa merasakan manisnya hasil investasi di pasar modal. Sama seperti berinvestasi di saham, tidak mudah untuk memutuskan saham mana yang akan disimpan.

Ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus yang tidak dimiliki semua investor. Dengan berinvestasi di reksa dana, investor tidak perlu repot memantau kinerja investasi yang telah Anda lakukan.

Risiko Investasi Reksadana

Selain keuntungan, ada juga risiko yang bisa didapatkan oleh investor reksadana pasar uang. Seperti platform investasi lainnya, selain berbagai peluang keuntungan, reksa dana juga mengandung berbagai peluang risiko.

Misalnya, risiko penurunan nilai suatu unit investasi reksadana. Manajer investasi (sebagai manajer) dapat meminimalkan risiko terkena dampak penurunan harga efek ekuitas, obligasi atau efek lainnya dalam reksadana.

Risiko likuiditas juga bisa terjadi, adalah risiko yang dihadapi manajer investasi jika sebagian besar investor reksa dana mencairkan unitnya. Kondisi ini menyulitkan manajer investasi untuk menyediakan uang pelunasan.

Catatan Penulis

Demikian singkat pembahasan pengertian reksadana pasar uang terpercaya dana aman yang bisa Anda coba. Semoga dengan ini Anda lebih terbuka soal peluang menghasilkan uang dari reksa dana pasar uang.