Cara Menghasilkan Uang untuk Anak Sekolah

Xcape.id – Cara menghasilkan uang untuk anak sekolah. Mungkin Anda berpikir bahwa tugas seorang siswa atau murid sekolah hanyalah belajar saja, padahal tidak demikian.

Sejatinya, ada berbagai hal lain yang tidak kalah bermanfaat dan dapat Anda lakukan di waktu luang. Contohnya adalah bekerja untuk bisa mengumpulkan uang dan uang jajan.

Tentu ketika seorang anak SMA atau SMP ingin bekerja, mereka harus memilih jenis pekerjaan yang tidak terlalu berat. Pekerjaan ini bisa Anda pilih yang offline, online, ataupun lainnya.

Beberapa pekerjaan bisa menjadi peluang untuk menghasilkan uang bagi anak sekolah. Bila Anda ingin tahu apa saja pekerjaannya, silahkan simak pada ulasan yang ada di bawah ini.

Baca: Cara Menghasilkan Uang Tanpa Mengganggu Kuliah

Cara Menghasilkan Uang untuk Anak Sekolah SMA

Kami akan sampaikan pada penjelasan berikut mengenai cara menghasilkan uang untuk anak sekolah. Cara-cara berikut ini bisa Anda terapkan supaya bisa dapat penghasilan saat bersekolah.

1. Jual Makanan

Salah satu cara menghasilkan uang bagi anak sekolah tingkat SMP atau SMA adalah dengan jualan makanan di kelas atau kantin. Bisakah Anda membuat makanan ringan seperti donat, kue beras, dan lainnya?

Jika bisa, maka Anda dapat meninggalkan makanan buatan sendiri di kantin sekolah. Jika Anda memasak hanya satu kali makan, Anda sebagai siswa akan mendapatkan 500 rupiah dan menjual 30 jenis makanan setiap hari.

Artinya Anda sebagai siswa bisa mendapatkan 500 x 30 = 15.000 rupiah dalam satu hari. Apapun, Anda dapat menjalankan bisnis ini dengan keluarga atau teman dari sekolah menengah yang sama untuk keuntungan bersama.

2. Driver Online

Khusus bagi anak SMA yang sudah punya SIM, menjadi driver ojek online bisa jadi salah satu peluang bagus agar bias menghasilkan uang tanpa mengganggu sekolah. Bawa mobil sendiri ke sekolah? Mengapa tidak driver online saja?

Jika pekerjaan yang Anda lakukan hanya satu hari dan Anda seorang siswa sekolah menengah dan Anda bisa mendapatkan lima penumpang, itu tidak buruk, bukan? Belum lagi Anda bisa mendapatkan beberapa tips dari penumpang.

Coba bayangkan saja, kalau ngumpulin sebulan, mungkin bisa dapat di atas Rp 1 juta penghasilan Anda. Anda dapat mendaftar dengan Gojek atau Grab sebagai mitra bisnis mereka untuk memperoleh penghasilan.

3. Jasa Packing dan Pindahan

Membuka jasa packing dan pindahan kecil-kecilan bisa jadi salah satu peluang yang bagus bagi Anda untuk mendapatkan banyak penghasilan sebagai siswa sekolah. Banyak orang kini memilih menggunakan jasa packing untuk pindahan.

Nah, kesempatan untuk siswa ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan jasa pindahan. Terutama yang cocok untuk siswa SMA yang lebih tangguh. Pasalnya nanti Anda diminta untuk mengangkat sesuatu.

Satu kali packing atau pindahan bisa menghabiskan biaya antara Rp 300.000 hingga 500.000. Jika Anda memiliki empat klien dalam sebulan, total gaji bulanan Anda bisa mencapai Rp 1,2 juta sampai dengan Rp 2 juta.

4. Pengasuh Anak

Menjadi pengasuh anak merupakan salah satu cara menghasilkan uang untuk anak sekolah, khususnya bagi perempuan. Bisa mengasuh anak? Anda bahkan dapat mandi dan membujuk anak Anda untuk makan.

Kenapa tidak mencoba menjadi pengasuh? Selain membuat Anda bahagia karena Anda menyukai anak-anak, Anda juga bisa menghasilkan uang, bukan? Anda bisa mendapatkan tambahan dana sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per bulan.

Mungkin lebih baik jika Anda seorang wanita, apalagi jika sayang kepada anak-anak. Karena pekerjaan yang sangat cocok untuk siswa sekolah menengah membutuhkan kesabaran dan kesabaran dalam hal pembersihan.

5. Dropshipper

Bekerja secara online juga bisa dilakukan anak SMA atau SMP, hal ini tidak akan membuat Anda kesulitan kerja sambil sekolah. Tidak punya cukup uang untuk membuka toko online, tetapi ingin menghasilkan uang tambahan?

Jangan berkecil hati karena Anda masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi dropshipper. Sistemnya Anda akan pesan barang dari distributor, kemudian mengirimnya atas nama Anda ke pemesan barang.

Cara kerja ini bisa dilakukan tanpa modal, tapi bisa menghasilkan banyak uang. Bisnis SMA yang super mudah dikelola ini siap untuk dimulai, Anda hanya perlu pintar-pintar memasarkan produk.

6. Guru Les Anak

Bahasa Inggris yang Anda kuasai bagus, atau Anda pintar dalam beberapa mata pelajaran sekolah? Mengapa tidak memanfaatkan kemampuan akademis itu untuk mendapatkan uang tambahan, salah satunya menjadi guru les anak.

Jika Anda datang hanya sekali, Anda akan dibayar Rp 100.000 dan memiliki tiga anak dan delapan pertemuan dalam sebulan. Artinya Anda bisa mendapatkan penghasilan sampai dengan Rp 2,4 juta dalam satu bulan.

Cukup bagus untuk dilakukan oleh para anak sekolah SMP dan SMA, bukan? Pekerjaan sebagai siswa sekolah menengah ini sangat bagus untuk menghasilkan uang dan berbagi pengetahuan. Jangan ragu lagi, mulai sekarang juga!

7. Pegawai Toko

Bagi mereka yang masih duduk di bangku SMA, dan kurang pandai menggunakan internet atau smartphone, maka pekerjaan lain yang menghasilkan uang tambahan adalah menjadi pegawai atau staf di sebuah toko.

Daripada bingung mau ngapain sepulang sekolah, manfaatkan waktu luan Anda lebih baik untuk mengurus toko. Anda dapat menjaga toko kelontong, toko pakaian, toko aksesoris handphone, toko perhiasan, dan banyak lagi.

Dalam satu bulan, Anda bisa mendapatkan Rp 500.000 – Rp 1 juta. Pastinya Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk jajan, tambahan penghasilan, bahkan membayar SPP sekolah sehingga tidak memberatkan orangtua.

8. Penjaga Warnet

Pekerjaan seorang penjaga warnet bisa dibilang sempurna untuk siswa sekolah menengah seperti Anda. Jika Anda tidak bermain setelah sekolah, lebih baik menjadi seorang penjaga warnet untuk mendapatkan uang tambahan.

Selain mendapatkan bayaran bulanan, Anda bisa memanfaatkan internet gratis untuk pekerjaan sampingan lainnya, seperti menulis konten. Namun perlu didiskusikan terlebih dahulu dengan pemilik warnet untuk melakukannya.

Tujuannya adalah agar tidak dianggap sebagai tindak kejahatan ketika terjadi hal yang tak diinginkan. Meski begitu, pekerjaan jenis ini saat ini sudah mulai berkurang dan tak lagi banyak lowongannya.

9. Jualan Pulsa

Salah satu usaha yang banyak dilakukan siswa untuk dapat uang adalah jualan pulsa. Menjual pulsa juga bisa menjadi bisnis yang mudah dikelola dan menguntungkan bagi siswa sekolah menengah untuk mendapatkan uang tambahan.

Anda dapat memberikannya kepada teman sekelas Anda terlebih dahulu, jika laku maka kemudian Anda bisa menyebarkannya ke teman di kelas lain. Bisnis ini biasanya menyebar dengan cepat dari mulut ke mulut.

Tidak buruk bagi sekolah untuk membelikan pulsa untuk Anda, meskipun keuntungannya kecil. Tetapi dengan menjalankan bisnis yang menghasilkan uang ini, Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan membeli lebih banyak.

10. Blogger

Punya blog dan banyak followers? Sayang sekali jika hanya didiamkan seperti itu. Karena Anda bisa mendapatkan banyak sekali penghasilan dari blog Anda. Bagaimana Anda menjadi blogger untuk dapat menghasilkan uang?

Dari memulai sebuah blog, tentunya Anda sudah memiliki konsep atau fokus pada suatu bidang seperti fashion, kosmetik, dll. Misalnya, jika Anda seorang makeup blogger, Anda dapat fokus pada ulasan produk.

Berikan review yang lengkap dan menarik agar cepat atau lambat akan ada brand yang menawarkan jasa endorsement. Penghasilan dari pekerjaan ini bukan hanya endorse, tapi juga afiliasi, iklan AdSense, dan lainnya.

11. Penulis Lepas

Terakhir, Anda bisa mencoba menjadi penulis lepas untuk dapat memperoleh penghasilan sebagai muris sekolah SMP atau SMA. Pekerjaan untuk siswa sekolah menengah pertama sangat cocok untuk seseorang yang suka menulis.

Terutama jika banyak orang mengatakan bahwa tulisan Anda bagus, yaitu sebagai penulis lepas. Apalagi sekarang banyak sekali situs online yang rela membayar hasil karya Anda untuk menampilkan kontennya.

Misalnya, sebuah artikel bernilai Rp 30.000 jika Anda menulis satu hari dalam sehari, itu berarti Anda akan mendapatkan tambahan banyak penghasilan. Bahkan bisa mencapai Rp 210.000 dalam seminggu (Rp 30.000 x 7 hari).

Catatan Penulis

Demikian singkat pembahasan cara menghasilkan uang untuk anak sekolah gratis yang bisa Anda coba. Semoga dengan ini Anda lebih terbuka soal peluang menghasilkan uang sebagai murid sekolah.