Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Xcape.id – Cara menghasilkan uang dari YouTube. Boleh dibilang bahwa saat ini YouTube telah menjadi media sosial berbagi video terbesar dan terbaik yang ada di dunia.

Aplikasi YouTube telah banyak digunakan untuk mendapatkan hiburan dan tontonan berita terkini. Bahkan YouTube telah menggeser peran televisi yang selama ini mendominasi hiburan manusia.

Di YouTube juga, semua orang berkesempatan mendapatkan penghasilan secara mudah dan cepat. Salah satunya ialah menggunakan layanan monetisasi Google AdSense.

Tapi syarat daftar AdSense YouTube terlampau sulit bagi sebagian orang. Meski begitu Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara lain untuk dapat uang dari YouTube tanpa AdSense.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Google AdSense

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru

Berikut beberapa tips dan panduan tentang cara menghasilkan atau mendapatkan uang dari YouTube untuk pemula tanpa AdSense. Silahkan simak artikelnya sampai tuntas.

1. Affiliate Marketer

Menjadi Affiliate Marketer merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube tanpa AdSense. Tahukah Anda, sudah banyak affiliate marketer yang berpenghasilan ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Sebagai seorang YouTuber, Anda juga bisa menjadi affiliate marketer dengan membagikan link di video yang Anda unggah. Cukup buat konten yang sesuai dengan tautan produk pemasaran afiliasi yang ingin Anda bagikan.

Buat konten soft-sell yang membuat audiens Anda merasa percaya diri dan bersedia membeli produk atau layanan dari tautan tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan banyak komisi dari pemasaran afiliasi.

2. Lisensikan Konten YouTube

Cara mendapatkan uang dari YouTube selanjutnya selain AdSense adalah dengan melisensikan konten yang diunggah di YouTube. Ini sangat cocok untuk seseorang yang dapat membuat video viral dengan daya tarik massal.

Televisi, media online, dan pembuat konten lainnya dapat menghubungi Anda sebagai YouTuber tentang hak Anda untuk menggunakan video viral. Bahkan, kamu juga bisa mendaftarkan video Anda di beberapa platform.

Salah satunya seperti Jukin Media agar konten lebih mudah ditemukan dan dibeli. Tentunya ini bisa jadi peluang menguntungkan bagi yang sering ditolak ketika mendaftar program monetisasi Google AdSense.

3. Influencer

Influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang sering digunakan oleh banyak brand atau perusahaan. Tidak hanya di media sosial seperti Instagram dan Tiktok, Anda juga bisa menjadi influencer di YouTube.

Menjadi influencer di YouTube sangat menguntungkan, apalagi jika Anda memiliki banyak subscriber! Melalui industri ini, YouTuber menerima tawaran untuk mendukung produk atau layanan yang klien miliki.

Jumlah yang Anda dapatkan dari endorsement itu sangat tergantung pada kesepakatan Anda dengan klien. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menetapkan price list dari awal agar penghasilan endorsement Anda lebih jelas.

4. Fun Funding

Cara lainnya untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan mengadakan fun funding. Sistemnya seperti halnya crowdfunding pada umumnya, Anda juga bisa mendapatkan donasi dari penonton atau penggemar di YouTube.

Jika para YouTubeer menyediakan konten yang bagus dan audiens Anda menyukai dan mendukung konten Anda, ada kemungkinan besar mereka juga dapat menyumbangkan uang untuk Anda. Dari sinilah Anda mendapatkan penghasilan.

Jika Anda didanai, YouTubeer juga harus menyediakan dan berkomitmen untuk memproduksi konten video yang lebih baik dan lebih bermanfaat. Oleh karena itu, para donatur YouTube merasa tidak sia-sia menjadi penggemar Anda.

5. YouTube Premium

Jika Anda adalah pengguna YouTube besar, Anda pasti sudah tahu tentang program YouTube Premium, layanan berbayar yang ditawarkan oleh YouTube​. Dengan membayar YouTube premium, pemirsa dapat menonton video YouTube tanpa iklan.

Nah, jika Anda sudah terdaftar di YouTube Partner Program, Anda juga berpeluang mendapatkan bayaran dari YouTube. Cukup buat konten yang dapat dinikmati pengguna YouTube premium, dan Anda akan dibayar berdasarkan jumlah view.

Pastinya ini juga menjadi metode yang paling menguntungkan dan sangat disarankan apabila Anda ingin memperoleh penghasilan dari YouTube tanpa harus mendaftar AdSense. Sudah banyak yang sukses dari kegiatan ini.

6. Jualan Barang

Dengan bergabung dalam Program Mitra YouTube (YPP), Anda dapat mengakses perpustakaan produk. Melalui galeri ini, YouTuber dapat menjual merchandise bermerek resmi mereka di YouTube, entah itu barang merchandise atau yang lain.

Meskipun galeri YouTube ini tidak muncul di semua halaman video, banyak YouTuber sebenarnya telah menghasilkan banyak uang darinya. Galeri produk itu sendiri akan menampilkan hingga 12 produk kepada audiens Anda.

Produk akan ditampilkan di berbagai halaman saluran video yang memenuhi syarat. Jika ada yang tertarik dan membeli produk Anda tersebut, maka Anda nantinya akan bisa mendapatkan uang tanpa harus daftar AdSense.

7. Channel Membership

Cara terakhir masih internal YouTube. Misalnya Anda produktif dalam menghasilkan video berkualitas tinggi di YouTube, dan kebetulan juga banyak yang menonton dan berlangganan, jangan ragu untuk mengaktifkan fitur ini.

Di channel membership YouTube, pemirsa Anda akan membayar biaya bulanan untuk mengakses konten eksklusif. Nantinya, “Klien Premium” Anda akan mendapatkan lencana berdasarkan biaya yang dikeluarkan oleh mereka masing-masing.

Klien premium YouTube Anda juga memiliki akses ke fitur video eksklusif, obrolan langsung, dan emoji. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, pastikan Anda memang menawarkan “nilai tambah” agar mereka betah dan terus berlangganan.

Kesimpulan Akhir

Pembahasan mengenai cara menghasilkan uang dari youtube terbaru telah dibahas secara rinci dan lengkap dalam artikel di atas. Diharapkan Anda dapat mengetahui rekomendasi cara dapat uang dari YouTube.