Cara Mendapat Uang dari Jual Foto

Xcape.id – Cara mendapat uang dari jual foto. Di masa sekarang, kita memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan penghasilan secara online melalui situs-situs tertentu.

Salah satunya ialah situs jual beli foto stock yang jumlahnya semakin menjamur pada masa kini. Situs tersebut tentunya dapat dimanfaatkan agar kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Jelas ini merupakan sebuah keuntungan bagi kita yang ingin dapat penghasilan sampingan secara santai. Cukup jual foto, kemudian tunggu hasilnya akan datang sendiri kepada kita.

Tapi kita juga perlu tahu, bagaimana cara mendapat uang dari jual foto yang benar, ke mana kita harus jual foto. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak pembahasan di bawah berikut ini.

Baca: Game Penghasil Uang Tanpa Undang Teman

Cara Mendapat Uang dari Jual Foto

Langsung saja, kami sudah melansir dari berbagai sumber dan menemukan rangkuman berikut. Ini dia tips dan cara mendapat uang dari jual foto di internet secara online.

1. Jual di 500px

Cara mendapat uang dari jual foto adalah dengan menjualnya di 500px. Platform 500px memungkinkan Anda membeli konten dan menggunakan stock foto apapun untuk kebutuhan komersial dan editorial di seluruh dunia.

Misalnya, kampanye pemasaran digital, situs web, sampul buku, dan masih banyak lagi. Uniknya, 500px memiliki algoritma tersendiri. Konten dari kontributor baru di 500px akan muncul lebih dulu.

Dengan cara ini, kontributor baru pada 500px dapat bersaing dengan kontributor lama yang sudah memiliki banyak konten. Apa yang membuat 500px menarik adalah royalti kontributor 60% dan pengiriman konten yang mudah.

2. Pasarkan di FreeDigitalPhotos

Berikutnya Anda juga bisa memasarkan foto di FreeDigitalPhotos sebagai salah satu cara dapat uang dari berjualan foto. Platform jual beli foto online asal Hongkong ini memiliki strategi pemasaran tersendiri.

Awalnya, foto konten Anda akan dijual secara gratis di FreeDigitalPhotos, tetapi dengan resolusi terendah. Pelanggan FreeDigitalPhotos dapat membeli foto konten Anda jika mereka menginginkan resolusi tinggi.

Kelemahan FreeDigitalPhotos adalah siapa pun dapat menggunakan foto Anda secara gratis tanpa membayar. Namun, versi gratis FreeDigitalPhotos masih beresolusi rendah dan mengklaim nama Anda memiliki hak cipta.

3. Unggah di Alamy

Opsi lainnya Anda dapat menjual foto di internet pada situs Alamy. Anda perlu tahu, Alamy merupakan sebuah platform dengan konsumen dari 173 negara yang secara teratur menambahkan hingga 100.000 gambar per hari.

Dengan royalti hingga 50% di situs Alamy bagi penjual foto, tak heran jika Alamy masuk dalam jajaran platform penjualan foto online bergaji tinggi. Bayangkan Anda bisa mendapatkan setidaknya $10 untuk sebuah foto.

Apalagi jika Anda memiliki keterampilan untuk menangkap gambar 360, Anda dapat menghasilkan banyak uang di Alamy! Apalagi di Alamy kita bisa berjualan foto secara mudah tanpa harus dipungut biaya apapun lagi.

4. Berjualan di iStockPhotos

Seperti 500px, iStockphoto juga jadi situs jual beli foto didirikan pada tahun 2000. Karena ini adalah bagian dari Getty Images, Anda harus mendaftar di aplikasi Getty Images selama pendaftaran kontributor.

Untuk konten video di iStockPhotos, Anda perlu mengunggah tiga hingga enam konten melalui YouTube. Pada saat yang sama, Anda dapat mengirim gambar dan ilustrasi ke iStockPhotos melalui Google Drive atau Dropbox.

Konten yang Anda undgah akan ditinjau oleh tim editorial iStockPhotos di kemudian hari. Setelah itu, tekan palu jika Anda bisa menjadi kontributor. Memang cukup rumit, tapi bayaran untuk foto Anda akan lebih tinggi.

5. Jual di Dreamstime

Platform untuk menjual foto berikutnya yang bisa jadi cara mendapat uang dari jual foto adalah Dreamstime, sudah ada sejak lama, mulai tahun 2000. Itu juga telah melewati angka 34 juta dengan hampir 700.000 kontributor.

Karena itu, konten yang diterima di platformDreamstime juga lebih beragam. Dari foto, ilustrasi, vektor, video hingga klip audio. Anda harus mengikuti beberapa aturan sebelum mengunggah konten di Dreamstime.

Aturannya juga tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, seperti, bukan foto plagiat, bukan konten berbahaya, ada deskripsi yang relevan, dll. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas konten di platform Dreamstime ini.

6. Pasarkan di Adobe Stock

Nama aplikasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk jualan foto adalah Adobe Stock. Mendengar kata adobe tentu sudah tidak asing lagi dengan bidang desain, grafis, vision, dll bukan? Adobe Stock memang buatan Adobe.

Kekuatan utama platform Adobe Stock ini (sebelumnya Fotolia) adalah integrasi dengan berbagai alat Adobe. Misalnya Photoshop, InDesign, Illustrator, Lightroom, dan aplikasi Adobe lainnya yang masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Adobe Stock yang terintegrasi ini, Anda dapat mengunggah langsung dari Adobe Lightroom. Pada saat yang sama, konsumen dapat langsung mengedit foto yang telah Anda lisensikan di aplikasi Adobe Stock.

7. Upload di Shutterstock

Terakhir dan paling terkenal ialah Shutterstock. Siapa yang tidak tahu Shutterstock? Platform global untuk menghubungkan foto Anda dengan pembeli dari seluruh dunia. Jadi, pasar dari situs Shutterstock sangat luas!

Platform Shutterstock ini adalah pasar foto online terbesar, dengan transaksi senilai lebih dari $1 miliar selama 15 tahun terakhir. Bahkan di Indonesia, transaksi jual beli foto di sini tercatat 49% setiap tahunnya.

Situs Shutterstock ini sangat diminati karena sangat membantu para kontributornya. Misalnya, tips dan fasilitas pendukung dari komunitas besar di seluruh dunia, yang pastinya akan menguntungkan kontributor.

Akhir Pembahasan

Sekian artikel dari kami mengenai cara mendapat uang dari jual foto gratis yang bisa digunakan. Semoga apa yang sudah kami jelaskan kepada Anda dapat menjadi opsi bagi yang ingin main dapat uang dari jual foto.