Cara Mendapat Uang dari Google AdWords

Xcape.id – Cara mendapat uang dari Google AdWords. Salah satu produk dari Google yang mungkin tidak lebih populer dari mesin pencari dan YouTube adalah Google AdWords, namun produk ini sangat berguna karena bisa menghasilkan uang.

AdWords adalah jenis baru dari strategi pemasaran periklanan yang menggunakan mesin pencari Google sebagai media promosi, juga dikenal sebagai pemasaran mesin pencari atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Sebelum membahas cara kerja Google Adwords, saya ingin menjelaskan hal yang paling mendasar tentang Google Adwords. Google Adwords adalah pemasaran online berupa platform periklanan yang disediakan atau dibuat oleh Google tersebut.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan Google AdWords untuk mulai menghasilkan uang? Daripada menebak-nebak, alangkah baiknya kita simak bersama-sama panduan dan tips menghasilkan uang pada Google AdWords.

Baca: Cara Mendapat Uang dari iQ Option

Cara Mendapat Uang dari Google AdWords Terbaru

Perlu diketahui bahwa Google AdWords (Google Ads) adalah layanan periklanan dari Google. Sehingga, di sini kita bukan mendapatkan uang melainkan memanfaatkannya untuk mengiklankan produk atau jasa kita.

Apabila barang atau jasa kita makin dijangkau lebih banyak orang, maka kemungkinan jasa atau produk kita dipesan juga akan semakin tinggi. Berikut langkah-langkah dan panduan penggunaan Google AdWord atau Google Ads.

1. Login Google AdWords

Cara mendapat uang dari Google AdWords pertama tentu saja Anda harus sudah memiliki akun email Google (Gmail) terlebih dahulu. Setelah memastikan memiliki akun Google, Anda harus login ke Google AdWord atau Google Ads.

Anda dapat menggunakan akun Google pribadi Anda. Namun, jika Anda tidak ingin kotak masuk email Anda penuh dengan email dari Google Ads, Anda dapat membuat akun Google baru yang didedikasikan untuk Google AdWords.

2. Pilih Tujuan Beriklan

Setelah masuk ke AdWords, Anda akan diminta untuk memilih sasaran iklan Anda. AdWords menyediakan tiga opsi sasaran, dari mana Anda dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Tujuan pertama adalah untuk menghubungi Anda melalui telepon. Jika sebagian besar transaksi dalam bisnis Anda dilakukan melalui telepon, silakan pilih tujuan pertama. Misalnya, Anda menjalankan bisnis konsultasi yang mengharuskan pelanggan melakukan percakapan telepon yang panjang.

Tujuan kedua adalah mengunjungi toko fisik. Jika Anda mengelola toko fisik, seperti restoran, kafe, restoran, atau jenis bisnis lain yang mengharuskan pelanggan untuk mengakses toko secara langsung, Anda dapat memilih tujuan kedua.

Tujuan utamanya adalah mengunjungi situs web. Jika transaksi bisnis Anda terutama dilakukan melalui situs web, Anda harus memilih tujuan ketiga. Pelanggan dapat mengunjungi situs web Anda secara langsung.

3. Tentukan Detail Iklan

Lagnkah selanjutnya sebagai cara mendapat uang dari Google AdWords adalah memilih rentang lokasi yang ingin Anda targetkan. Anda dapat dengan bebas memilih berbagai lokasi di Indonesia dan luar negeri.

Anda bahkan dapat mempersempit lokasi ke kota atau provinsi tertentu. Pilih kategori bisnis yang Anda kelola untuk memudahkan Google dalam menentukan target audiens iklan Anda pada Google Ads yang ingin Anda iklankan.

4. Buat Materi Iklan

Jangan lengah saat membuat salinan iklan Google Ads untuk pencarian berbayar. Google membatasi jumlah karakter dalam salinan iklan Anda. Untuk judul iklan, Anda dapat menulis hingga 30 karakter, sedangkan untuk isi iklan, Anda bisa menulis hingga 80 karakter.

Jumlah kata iklan Google Ads terbatas, sehingga iklan yang ingin Anda buat harus singkat, padat, jelas, dan tentu saja menarik. Buat materi iklan yang dengan jelas menyatakan apa yang harus dilakukan calon pelanggan saat mereka melihatnya.

Langkah berikutnya menurut swarakyat.id adalah memilih foto terbaik yang menggambarkan bisnis dan promosi yang Anda lakukan. Opsi foto ini opsional. Pastikan gunakan foto terbaik yang Anda miliki agar eye catching.

5. Tentukan Budget

Anda tidak perlu khawatir tentang anggaran Anda saat menggunakan Google AdWords. Google menerapkan PPC atau bayar per klik. Jika iklan Anda tidak diklik, Anda tidak perlu membayar iklan pada Google Ads.

Oleh karena itu, Anda hanya membayar ketika audiens target Anda mengklik iklan tersebut. Dengan cara ini Anda dapat menghemat biaya iklan. Anda juga dapat dengan bebas mengatur perkiraan biaya sesuai budget.

Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan Google AdWords, sebaiknya pilih perkiraan biaya terendah. Kemudian evaluasi kinerja iklan Google AdWords pertama Anda. Jika efek iklan Anda cukup baik, Anda dapat meningkatkan biaya secara bertahap untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

6. Pilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang ditawarkan Google sangat beragam. Anda dapat membayar dengan kartu kredit atau transfer bank. Oleh karena itu, meskipun Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda tetap dapat memanfaatkan layanan Google AdWords.

Akhir Kata

Mungkin hanya sekian dulu pembahasan oleh kami soal cara mendapatkan uang dari google adwords seperti yang telah disampaikan di atas. Silahkan ikuti panduan di atas agar Anda bisa memperoleh penghasilan dengan memanfaatkan Google AdWords.