Wisata Sarangan, Telaga di Lereng Gunung Lawu yang Memanjakan Mata

Wisata Sarangan, Telaga di Lereng Gunung Lawu yang Memanjakan Mata

Indonesia adalah negara tropis yang didalamnya ada berbagai pulau dan juga pegunungan, hal itu membuat negara ini tak akan pernah kehabisan destinasi wisata. Salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Timur, tepatnya di kota Magetan adalah wisata Sarangan. Wisata satu ini menawarkan sensasi khas pegunungan

Telaga Sarangan adalah telaga alami yang ada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Suhu disana bahkan mencapai 14 derajat celcius lho. Sehingga untuk kamu yang biasanya tinggal di kawasan yang cukup panas, boleh kok berlibur kesana demi merasakan pengalaman yang berbeda.

Sebagai telaga yang letaknya di daerah pegunungan, begitu sampai disana kalian akan disuguhkan dengan rimbunnya berbagai pohon. Ditambah dengan air telaga yang jernih sehingga mampu memantulkan bayangan gunung yang ada di sekitarnya. Tentunya udara dingin dan suasana hening yang ada disana sulit dirasakan saat ada di kota. Jadi nggak heran wisata ini selalu berhasil menarik minat banyak wisatawan tiap tahunnya.

Eits, baca juga: Wisata Cimory Riverside Puncak Bogor : Lokasi, Harga Tiket dan Harga Makanan

Ada berbagai kegiatan mengasyikkan yang dapat kalian nikmati disana. Tapi jika kalian ingin melihat kebudayaan yang begitu kental, maka datanglah saat bulan ruwuh (bulan puasa). Sebab saat itu bakal diadakan labuh sesaji dan acara bersih desa sebagai rasa wujud syukur warga karena dilimpahkan rezeki dari Tuhan. Upacara itu pun juga menjadi tolak bala dan memperingati munculnya Telaga Sarangan sendiri, bagaimana? Asyik bukan?.

Jika kebetulan kalian mengunjungi Wisata Sarangan saat sedang nggak ada event apapun, tetap ada aktivitas yang dapat kalian lakukan. Kalian dapat berkeliling Telaga Sarangan dengan berlari kecil atau berjalan sekaligus berolahraga.

Jika kalian ingi berolahraga tapi sekaligus berada di atas air, kalian bisa kok menyewa becak air. Atau juga mengelilingi telaga dengan naik ke speed boat, untuk satu putarannya kalian akan ditarif Rp 50.000. atau berkeliling naik kuda, tarifnya pun sama untuk satu putarannya, Rp 50.000.

Berbagai Fasilitas di Wisata Sarangan

Sebagai objek wisata Sarangan andalan, pihak pemerintah memberlakukan beberapa inovasi demi memberikan pelayanan terbaik untuk tiap pengunjung yang datang. Misalnya saja dengan membuat kawasan parkir yang luas dan juga aman, kemudian sarana umum seperti tempat bermain dan taman. Tempat ibadah mudah sekali ditemukan sehingga kalian tak perlu cemas nggak bisa beribadah saat disana.

Tidak lupa ada banyak kios yang menjajakan berbagai jenis oleh-oleh yang bisa kalian bawa ke rumah untuk dijadikan kenang-kenangan. Disana tersedia juga banyak pilihan cendera mata yang dapat kalian bagikan pada kerabat dan teman.

Eits, baca juga: Informasi Wisata Taman Buah Mekarsari Terbaru

Kemudian untuk wisata kulinernya sendiri kalian tidak usah khawatir. Ada beberapa menu seperti sate kelinci atau pecel khas wisata Sarangan. Untuk kalian yang gemar makanan sehat, tak ada salahnya mampi ke pasar yang ada didekat telaga. Pasar itu menjual berbagai jenis sayur segar yang langsung dipetik dari pohon serta perkebunan didekat Gunung Lawu.

Untuk kalian yang ingin menginap, ada banyak hotel disana, mulai pondok wisata, kelas melati, hingga hotel berbintang. Tinggal menyesuaikan dengan dana dan view yang kalian inginkan.

Telaga Sarangan berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sekitar 15 kilometer dari pusat kota Magetan. Mengingat jalan yang berkelok-kelok dan menanjak, kalian harus meningkatkan kewaspadaan ya.

Untuk bisa menikmati wisata alam di wisata sarangan dengan suasana dingin nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya Rp 20.00 bagi orang dewasa dan Rp 10.000 bagi anak-anak. Kemudian parkir mobil dikenakan biaya Rp 50.000, sepeda motor Rp 2.500, dan parkir bus Rp 10.000. Murah bukan?

Berwisata ke Telaga Sarangan mungkin dapat kalian jadikan sebagai alternatif untuk berlibur. Perjalanan yang lumayan mudah ditempuh dan biaya yang murah jadi alasan untuk segera berlibur kesana. Ya, hitung-hitung mengembalikan kepenatan setelah melakukan kegiatan yang menguras otak.

You May Also Like

About the Author: adminxcape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *